uad_students_presented_enggang.jpg

Mahasiswa UAD Tampilkan Tari Enggang dan Pencak Silat di Thailand

Sabtu (18/6/2016), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengirim 10 mahasiswa dan 2 dosen pendamping untuk berpartisipasi dalam kemah budaya Internasional di Suranaree University of Technology (SUT), Thailand. Mereka menampilkan Tari Enggang yang dipadu dengan pencak silat di sana.

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa UAD juga mengikuti kegiatan Martial Art and Culture Camp. Mereka mempelajari tarian Pha Khao Ma, yang merupakan tari tradisional Thailand.

Ada dua acara utama yang diadakan dalam kemah internasional kali ini, yaitu The 3rd International ASEAN Culture Camp (ISAAN) dan The 2nd International Martial Art and Culture Camp (Muay Thai). Satu tim yang berpatisipasi dalam ISAAN melakukan beberapa kegiatan, seperti mengunjungi Pimai Hictorical Park, Taman Gantung, dan lokasi pasukan tinju untuk melihat cara mereka bertanding.

“Mereka juga belajar menjahit dan menikmati pengalaman langsung tinggal bersama penduduk lokal desa di Baan Taanprasart. Selain itu, para peserta belajar membuat makanan tradisional, mewarnai kain tradisional, dan kerajinan tangan lainnya,” kata Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UAD, Ida Puspita, M.A., Res. saat ditemui di ruang sidang UAD, Senin (27/06/2016).

Ida Puspita mengatakan, keikutsertaan UAD di acara tersebut sebagai salah satu implementasi MoU kerja sama yang telah ditandatangani dengan SUT. Sebelumnya, SUT juga pernah melaksanakan kegiatan pertukaran mahasiswa bidang seni dan budaya ke UAD pada 2015 lalu. Kunjungan UAD ke SUT dapat dikatakan sebagai kunjungan balasan.

 “Selain itu, mereka juga belajar Wai Kru Dance, yakni tarian pembukaan Muay Thai yang menunjukkan penghormatan kepada tim dan para guru, dan dilanjutkan dengan latihan 30 teknik Muay Thai. Di akhir kegiatan, para peserta diberikan kesempatan untuk mempresentasikan dan mementaskan yang telah mereka pelajari,” terang Ida Puspita.